Penerapan Psikologi Komunikasi dalam Mengatasi Gangguan Kesehatan Mental pada Generasi Milenial

Authors

  • Rita Nurwulan Sari Universitas Sangga Buana
  • Nunung Sanusi Universitas Sangga Buana

Keywords:

Psikologi Komunikasi, Kesehatan Mental, Generasi Milenial

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif interpretif dengan tipe penelitian studi fenomenologi. Interpretif merupakan sistem sosial yang memaknai perilaku secara terperinci dengan cara observasi langsung. Interpretif ini berasal dari upaya untuk menemukan penjelasan mengenai peristiwa-peristiwa sosial yang didasarkan pada sudut pandang serta pengalaman subjek penelitian. Psikologi komunikasi dapat diterapkan pada penyintas gangguan kesehatan mental, jika dalam proses komunikasi itu terdapat komunikasi yang efektif, psikologi komunikator yaitu memandang komunikasi tidak hanya dapat berbicara tetapi juga memerlukan penampilan yang meyakinkan. Artinya komunikan tidak hanya memperhatikan apa yang dikatakan komunikator dan psikologi komunikasi juga menerapkan psikologi pesan, pesan yang dimaksud disini adalah bahasa yaitu kesimpulan kata-kata. Kekuatan bahasa yang dapat menggerakan dan mengendalikan sesuatu.

 

 

DOI: https://doi.org/10.32897/buanakomunikasi.2022.4.1.2943

References

Dr. Muhammad Farid, D. (2018). FENOMENOLOGI Dalam Penelitian Ilmu Sosial (D. H. M. A. Dr. Muhammad Farid (Ed.)). Prenada Media.

Dyatmika, T. (2018). Ilmu komunikasi. In Bandung Rosdakarya.

Effendy, Onong Uchijana. (2009). Human Relation&Public Relation. Mandar Maju.

Effendy , Onong Uchijana. (2011). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung, Rosda.

Fakhriyani, D. V. (2019). Kesehatan Mental (D. M. Thoha (Ed.)). Duta Media Publishing.

Madiistriyatno, H. (2019). Generasi Millenial: Tantangan Membangun Komitmen Kerja/Bisnis dan Adversity Quotient (AQ).

Kuswarnno, E. (2009). Fenomenologi: metode penelitian komunikasi : konsepsi, pedoman, dan contoh penelitiannya. Widya Padjajaran.

Rakhmat, J. (2015). Psikologi Komunikasi. PT Remaja Rosdakarya.

Riswandi, (2009). Ilmu Komunikasi. Graha Ilmu

Saleh, Adnan, A. (2018). Pengantantar Psikologi. Aksara Timur.

Samsara, A. (2020). Mengenal Kesehatan Jiwa. Lautan Jiwa, 316.

Suryana, Asep. 2019). Komunikasi Persuasif, Tanggerang Selatan.

Ni Luh Drajati Ekaningtyas. (2020). Psikologi Komunikasi untuk Memaksimalkan Internalisasi Nilai- Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini. Psikologi komunikasi. Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi

Nuriandi, R. (2016). Komunikasi Antarpribadi dalam Upaya Mengatasi Depresi Kesepian Tanpa Pasangan. Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi.

Panjaitan, R. M. (2011). ILMU KOMUNIKASI (Sebuah Ringkasan).

Putri, N. W. E. (2019). Peran Psikologi Komunikasi dalam Mengatasi Permasalahan Peserta Didik: Studi Kasus Proses Bimbingan Konseling di SMK Kesehatan Widya Dharma Bali. Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 52–67. https://doi.org/10.37715/calathu.v1i1.776 SKRIPSI RIZKI Revisi final. (n.d.).

Tiara Dewi, Muhammad Amir Masruhim, R. S. (2016). Komunikasi Antarpribadi Dalam Upaya Mengatasi Depresi Kesepian Tanpa Pasangan. Laboratorium Penelitian Dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, April, 5–24.

Downloads

Published

2023-06-27

Issue

Section

Juni Vol 4 No 1