Komunikasi Persuasif Dakwah Dr. Zakir Naik

Authors

  • Erwan Komara Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/buanakomunikasi.2021.2.1.713

Keywords:

Komunikasi Persuasif, Dakwah Zakir Naik, Komunikasi_Dakwah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan teknik-teknik komunikasi persuasif oleh DR. Zakir Naik. Dia adalah seorang pendakwah internasional yang selalu dihadiri oleh ribuan orang pada saat berceramah langsung. Juga ceramah di channel Youtubenya didengarkan oleh jutaan orang.

 

Metode yang digunakan adalah deskriptip kualitatif sebagaimana yang dinyatakan oleh Taylor dan Bogdan. Serta peneliti menggunakan analisis wacana (Nurhadi, 2015) yaitu menganalisis kalimat atau ujaran yang mempunyai kesatuan dan konteks, dalam hal ini berupa rekaman dakwah-dakwah DR. Zakir Naik yang terdapat di channel Youtubenya.

 

Penelitian ini menemukan berbagai teknik komunikasi persuasif yang diterapkan oleh DR. Zakir Naik. Tekni asosiasi, teknik integrasi, teknik ganjaran, dan teknik tataan.Yang palimg domina dimiliki adalah teknik yang kelima yaitu teknik  teknik red herring. DR. Zakir Naik memiliki kemampuan menguasai argumentasi-argumentasi yang dapat mengalahkan argumentasi-argumentasi lawan bicaranya.

 

Dengan  kemampuan penguasaan teknik komunikasi persuasif yang dimiliki oleh DR. Zakir Naik ini, banyak di antara nonmuslim yang masuk Islam. Bukan karena mereka dipaksa atau diintimidasi, tapi karena mereka telah mendengarkan penjelasan dari DR. Zakir Naik yang jelas, mendalam, mendasar, lugas, namun tegas. 

Downloads

Published

2021-07-13

Issue

Section

Juni Vol 1 No 1