Article Recommendation Using Apriori Algorithm on Website

Authors

  • Ivan Yusuf Rahardika Universitas Kanjuruhan Malang, Indonesia
  • Amak Yunus Eko Prasetyo Universitas Kanjuruhan Malang, Indonesia
  • Moh Ahsan Universitas Kanjuruhan Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32897/infotronik.2019.4.1.171

Keywords:

Website, PHP, Algoritma Apriori, Rekomendasi Artikel

Abstract

Website adalah kumpulan halaman-halaman situs yang terangkum dalam sebuah domain atau subdomain di internet. Pada umumnya website menampilkan banyak macam artikel yang menarik dan bermanfaat bagi pengunjung. Art7wing merupakan salah satu website yang fokus pada informasi teknologi dan hiburan. Namun, Art7wing hanya menampilkan artikel yang baru dipublish yang membuat artikel lainnya memiliki sedikit kesempatan untuk dikunjungi. Sehingga, untuk memperlihatkan artikel yang lama, maka Algoritma Apriori digunakan. Algoritma Apriori merupakan jenis aturan asosiasi pada data mining. Penggunaan Algoritma Apriori ditujukan untuk menemukan aturan asosiasi dalam rekomendasi artikel dalam Art7wing. Sehingga, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui penggunaan Algoritma Apriori dalam memberikan rekomendasi artikel pada website Art7wing. Menggunakan Multimedia Development Life Cycle oleh Luther sebagai metodologi penelitian ini. Multimedia Development Life Cycle terdiri dari 6 tahapan; konsep, desain, pengumpulan bahan, perakitan, percobaan dan distribusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Algoritma Apriori dapat menampilkan rekomendasi artikel pada Art7wing. Terbukti dengan berhasilnya rekomendasi artikel yang tampil pada halaman artikel website Art7wing.

References

Binanto. 2013. Perbandingan Metode Pengembangan Perangkat Lunak Multimedia. Seminar Nasional RITEKTRA. 153-160.

Fadlina. 2014. Data Mining untuk Analisa Tingkat Kejahatan Jalanan dengan Algoritma Association Rule Metode Apriori. Jurnal Ilmiah Informasidan Tekhnologi Ilmiah, Vol. 3, No.1.

Kusrini and Luthfi, E.T. 2013. Algoritma Data Mining, Yogyakarta: ANDI.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: PT Alfabet.

Sutopo, A. H. 2012. Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Trimarsiah, Y., and Arafat. 2017. Analisis Dan Perancangan Website Sebagai Sarana Informasi Pada Lembaga Bahasa Kewirausahaan dan Komputer Akmi Baturaja, Jurnal Ilmiah MATRIK, Vol. 19, No.1, 1-10.

Downloads

Published

2019-06-10