SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEREKRUTAN PEMAIN BOLA VOLI MENGGUNAKAN METODE PROFILE MATCHING

Alfred Alfaghini, Bambang Sugiarto

Abstract


Sistem pendukung keputusan perekrutan pemain bola voli menggunakan metode profile matching ini bertujuan untuk membantu seorang pelatih untuk memilih pemain yang layak untuk direkrut sesuai dengan kebutuhan tim. Di dalam sistem ini terdapat kriteria-kriteria yang dijadikan standar tim untuk setiap calon pemain yang akan direkrut, data kriteria tersebut didapat dari hasil wawancara dengan pelatih tim bola voli Galaxy Sumedang sebanyak 10 kriteria. Sistem ini berbasis web dan menggunakan salah satu metode sistem pendukung keputusan yaitu profile matching. Proses profile matching yaitu dengan cara melakukan perbandingan nilai dari masing-masing calon pemain dengan nilai standar tim. Sehingga dapat diketahui nilai gapnya. Semakin kecil nilai gapnya semakin berpeluang juga calon pemain tersebut untuk direkrut. Hasil penelitian ini menghasilkan urutan rangking dari calon pemain pada saat diseleksi, sehingga membantu seorang pelatih dalam menentukan siapakah calon pemain yang akan direkrut.


Keywords


Sistem Pendukung Keputusan; Bola Voli; Web; Profile Matching

Full Text:

PDF

References


metode penelitian Nursalam, “Survey Keterampilan Tehnik Dasar Bola Voli Pada Siswa Putra Yang Mengikuti Ekstrakurikuler Di Sma Negeri 4 Pontianak,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2016.

E. Gautama, “Metode Profile Matching (Pencocokan Profil),” pp. 1–8, 2017.

Permana, “Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Sekolah Menengah Kejuruan Teknik Komputer Dan Jaringan Yang Terfavorit Dengan Menggunakan Multi-Criteria Decision Making,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 1, p. 11, 2015, doi: 10.25126/jtiik.201521123.

M. D. Damara and S. N. Anwar, “Sistem Pendukung Keputusan Dengan Metode Profil Matching Untuk Seleksi Pemain Futsal ( Studi Kasus Di Asosiasi Futsal Kota U-19 Jepara ),” pp. 978–979, 2020.




DOI: https://doi.org/10.32897/infotronik.2022.7.2.1717

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License