APLIKASI PENDAFTARAN EKSTRAKURIKULER BERBASIS WEB DENGAN METODE WATERFALL

Authors

  • Yudi Mulyanto Universitas Teknologi Sumbawa
  • Eri Sasmita Susanto Universitas Teknologi Sumbawa
  • Muhammad Ilyas Universitas Teknologi Sumbawa

Keywords:

Pendaftaran, Ekstrakurikuler, Website, Waterfall, PHP

Abstract

SMAN 1 Moyo Utara merupakan salah satu institusi pendidikan yang didalamnya terdapat pengembangan potensi dan bakat siswa berupa kegiatan ekstrakurikuler. Untuk mengikuti kegiatan, para siswa diharuskan mendaftar dahulu ekstrakurikuler yang diminati. Pendaftaran masih dilakukan secara manual menggunakan formulir pendaftaran. Setelah itu formulir tersebut di rekap satu per satu dengan menulis kembali ke dalam blangko pendaftaran. Hal tersebut dinilai sangat kurang efisien dan efektif. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti melakukan pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan adalah metode pengembangan perangkat lunak waterfall, maka dibuatlah aplikasi berbasis website untuk proses pendaftaran ekstrakurikuler tersebut. Aplikasi dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan framework Codeigniter dan database Maria DB. Manfaat dari aplikasi ini adalah untuk membantu siswa untuk mendaftar ekstrakurikuler dalam mengurangi penggunaan kertas yang berlebihan dapat diatasi dan pembina tidak harus merekap satu persatu data yang masuk. Setelah implementasi aplikasi, maka dilakukan survei kepuasan pengguna pada aplikasi dan hasil yang didapat adalah persentase 89,75% bagi user siswa dengan keterangan sangat puas dan persentase 84,08% bagi user pembina dengan keterangan sangat puas..


DOI: https://doi.org/10.32897/infotronik.2023.8.1.2736

References

R. A. Purba et al., Aplikasi Teknologi Informasi: Teori dan Implementasi. Yayasan Kita Menulis, 2020.

S. Maulana and R. Faza, “Aplikasi Pendaftaran Ekstrakurikuler Berbasis Web Di Smk Pasundan Majalaya,” J. Educ. Dev., vol. 10, no. 1, pp. 84–87, 2022.

S. P. Slamet Lantini, W. Hidayat, and E. widhi Yunarso, “Aplikasi Berbasis Web Untuk Pendaftaran Dan Pengelolaan Nilai Ekstrakurikuler Di Sman 2 Cimahi,” e-Proceeding Appl. Sci., vol. Vol.3, no. 3, p. 1514, 2017, [Online]. Available: https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/files/137123/jurnal_eproc/aplikasi-berbasis-web-untuk-pendaftaran-dan-pengelolaan-nilai-ekstrakurikuler-di-sman-2-cimahi.pdf.

V. Sofica, V. S. Juliani, M. Septiani, and R. Ningsih, “Aplikasi Pendaftaran Ekstrakurikuler Online di Tingkat Sekolah Menengah Pertama (E-Ekskul),” J. Infortech, vol. 2, no. 1, pp. 46–52, 2020, doi: 10.31294/infortech.v2i1.7807.

M. Jannah, “Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Organisasi Unit Kegiatan Khusus (UKK) Berbasis WEB Di IAIN Bukittinggi,” J. Inform., vol. 6, no. 2, pp. 185–192, 2019, doi: 10.31311/ji.v6i2.6126.

A. Suryanto and Ramadon, “Perancangan Sistem Informasi

Pendaftaran Ekstrakurikuler Berbasis Web Pada SMK Malaka Jakarta,” J. Komput. dan Inform., vol. 20, no. 2, pp. 57–62, 2018, [Online]. Available:http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/paradigma.

Muhamad Alda, S. K. M. S. I. (2020). Aplikasi CRUD Berbasis Android Dengan Kodular Dan Database Airtable. Media Sains Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=KygEEAAAQBAJ.

D. Subagiyo, Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka, 2003.

S. Janner, Rekayasa Web. Yogyakarta: Andi, 2010.

R. Hidayat, Cara Praktis Membangun Website Gratis : Pengertian Website. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2010.

C. Connolly, Thomas and Begg, Database Systems A Practical Approach to Design, Implementation, and Management Fifth Edition. Boston: Pearson Education, 2010.

Fathansyah Ir, Basis Data. Bandung: Informatika Bandung, 2007.

W. Angga, Aplikasi PHP Gratis Untuk Pengembangan Situs Web. Yogyakarta: Andi, 2007.

G. Gata, Windu dan Gata, Sukses Membangun Aplikasi Penjualan dengan Java. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2013.

Nasution, Implementasi SMS Gateway In The Development Web Based Information System Schedule Seminar Thesis. Lampung: Uila, 2012.

Downloads

Published

2023-06-28