SISTEM INFORMASI AKADEMIK SMP ANGKASA LANUD HUSEIN SASTRANEGARA BANDUNG

Dody Destriady, R Fenny Syafariany

Abstract


 

Sistem Informasi Akademik merupakan sistem yang dapat memeberikan informasi yang didapat dari hasil pengolahan data akademik. Penting adanya sistem informasi bagi sekolah. Dalam hal ini, SMP Angkasa dijadikan tempat penelitian, karena sistem yang kini digunakan belum terkelola dengan baik sehingga seringkali mempersulit dalam penyelesaian prosedur – prosedur akademik yang ada seperti, pendaftaran, pengelolaan data siswa, pembagian kelas, penjadwalan, penilian, absensi, dan pembayaran SPP atau PPDB. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan prosedur baru yang terkomputerisasi.

Metode pendekatan yang digunakan adalah terstruktur dan metode pengembangan Waterfall. Desain penelitian menggunakan metode deskriptif dan kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi litelatur. Alat bantu penelitian yang digunakan untuk menggambarkan sistem pada aplikasi ini yaitu flow map, diagram konteks, dfd, kamus data, dan perancangan basis data. Aplikasi ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman JAVA dan database MySql.

Perangkat lunak yang dihasilkan diberi nama SIAKSA. SIAKSA diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi guru dalam menyelesaikan prosedur akademis, serta meminimalisir terjadinya kesalahan dalam pencatatan data dan membuat data tersebut menjadi terintregasi, aman dan terjamin.

Kata kunci : prosedur, akademis, sistem informasi, Java


References


Chandra W. Julian, (15 Mei 2016), “Implementasi Sistem Informasi Akademik (Studi Kasus : SMP Negeri 20 Bandung)”, 2013, diakses dari (http://profit.is.unikom.ac.id/s/data/jurnal/volume-01/2-julian-chandra.pdf/pdf/2-julian-chandra.pdf) UNIKOM, Senin, 1:14 WIB

Goal L Jimmy. “Sistem Informasi Manajemen Pemahaman dan Aplikasi“, Jakarta :PT Grasindo, 2008.

Jogiyanto.Hartono,“Analisis dan Desain Sistem Informasi. Edisi III”,Yogyakarta: ANDI, 2010.

Kristanto,Andri. “Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya”. Jakarta, Gava Media, 2013.

Sugiyono. “Metode Penelitian”, Bandung, Alfabeta, 2013.

Yakub. “Pengantar Sistem Indormasi”, 1st, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012.




DOI: https://doi.org/10.32897/infotronik.2017.2.2.34

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License