SISTEM INFORMASI KEGIATAN PENUNJANG AKADEMIK MAHASISWA BERBASIS DESKTOP
DOI:
https://doi.org/10.32897/infotronik.2020.5.2.457Kata Kunci:
Sistem Informasi, Kegiatan Penunjang Akademik, MySQL, model waterfallAbstrak
Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini, peranan dan pemanfaatan teknologi informasi menjadi penting, dalam penyusunan jadwal kegiatan penunjang akademik di STMIK MJ yang dilaksanakan setiap tahun mengalami beberapa permasalahan yaitu terkait dengan data kegiatan yang dilaksanakan masih belum terdata dengan baik dan daftar nama mahasiwa yang telah mengikuti kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan,sehingga proses pembuatan sertifikat dan jadwal kegiatan tersebut tidak efektif dan efisien. Dalam membangun Sistem Informasi Kegiatan Penunjang Akademik Mahasiswa pada STMIK Muhammadiyah Jakarta menggunakan VB.Net sebagai bahasa programnya dan MySQL sebagai databasenya. Pengembangan sistem ini menggunakan model waterfall dengan tahapan analisis, desain, kode, dan tes. Penelitian ini menghasilkan Sistem Informasi Penunjang Kegiatan Akademik Mahasiswa yang dapat memudahkan proses input data kegiatan mahasiswa dapat dilakukan dengan cepat, akurat dan efisien. Sistem yang dibangun dapat menampilkan data mahasiswa secara keseluruhan, yaitu berupa daftar kegiatan, data waktu pelaksanaan kegiatan, serta kegiatan yang telah diikuti.
Referensi
Elisabet Yunaeti dan Rita Irviani. 2017.Pengantar Sistem Informasi. CV.Andi Offset, Yogyakarta.
Boonie Soeherman, Marion Pinontoan. 2008. Designing Information System.PT Elex Media Komputindo.
Hutahean Japerson. 2014. Konsep Sistem Informasi. Deepublish, Yogyakarta
Handayani Tri Wahyu. 2016. Kuliah Jurusan Apa? Fakultas Teknik Jurusan Arsitektur Dan Perencanaan Wilayah & Kota.PT.Gramedia. Jakarta
Jamaludin. 2019. Buku Cerdas Pemrograman C# Berbasis Desktop Untuk Pemula. Yayasan Kita Menulis
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Copyright Notice
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.