PEMANFAATAN TEKNOLOGI INTERNET OF THINGS UNTUK MONITORING TAMBAK UDANG VANAME BERBASIS SMARTPHONE ANDROID MENGGUNAKAN NODEMCU WEMOS D1 MINI

Saeful Anwar, Abdurrohman Abdurrohman

Abstract


Udang vaname (Litopenaeus vannamei) adalah jenis udang introduksi yang mempunyai nilai ekonomi tinggi dan memiliki pertumbuhan yang relatif cepat. Tambak sebagai salah satu media pembudidayaan udang yang paling umum diterapkan. Kualitas air yang baik menjadi kunci dalam budidaya udang vaname. Suhu, pH, dan ketinggian air merupakan parameter penting yang perlu dikontrol secara berkala dan rutin. Kurang terkontrolnya perubahan kualitas air menjadi salah satu penyebab banyak udang yang stres dan mati. Namun pemantauan kondisi air tambak masih dilakukan secara manual dan tidak dilakukan secara intens. Dengan memanfaatkan teknologi Internet Of Things maka penulis akan membuat Sistem Monitoring Tambak Udang Vaname Berbasis Smartphone Android Menggunakan NodeMcu Wemos D1 Mini agar dapat memberikan kemudahan pemilik tambak dalam mengontrol kualitas air tambak jika terjadi perubahan secara signifikan sehingga pemantauan bisa di lakukan dari mana saja tanpa harus datang ke lokasi tambak. Sistem yang dibangun menggunakan microcontroller NodeMcu Wemos D1 mini dan menggunakan sensor pH SEN0161 untuk mengukur kadar pH, sensor suhu DS18B20 untuk mengukur temperatur, dan sensor ultrasonik HC-SR04 untuk mengukur ketinggian air. Selanjutnya data akan dikirim dan di tampilkan di Telegram Messanger. Berdasarkan hasil pengujian sistem yang sudah di implementasikan didapatkan setiap sensor memiliki tingkat akurasi yang cukup baik sehingga sistem memiliki prospek yang besar dan dapat digunakan untuk budidaya udang vaname.


Keywords


IoT; NodeMcu; Wemos D1 mini; Android; Monitoring; Udang Vaname

Full Text:

PDF

References


T. Lin, "Udang Vannamei," 24 6 2015. [Online]. Available: https://www.kompasiana.com/tan-tjuen-lin/54f7cc8da333118d508b4673/udang-vannamei.

N. Nihayati.Dkk, "Praktikum Budidaya Perairan Bahari Tentang Tambak Udang Vannamei (Litopeneaus Vannamei)," 2015.

M. Faruq, "Sistem Monitoring Kualitas Air Pada Tambak Udang Vaname Di Kecamatan Tirtayasa Berbasis Internet of Things," 2019.

M. W. Alfiansyah, "Implementasi IoT Untuk Early Warning System (EWS) Pada Tambak Udang Vaname," Publikasi Tugas Akhir S-1 PSTI FT-UNRAM, p. 8, 2020.

G. Prakoso, "Rancang Bangun Kontrol dan Monitoring Kualitas Air Tambak Udang Menggunakan Android," 2019.




DOI: https://doi.org/10.32897/infotronik.2020.5.2.484

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License