PERENCANAAN PENERANGAN JALAN UMUM TENAGA SURYA (PJUTS) DAN SIMULASI DIALux (STUDI KASUS JALAN KOLONEL MASTURI CIMAHI)

Authors

  • Made Tirta Yasa Universitas Sangga Buana
  • Ivany Sarief Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/infotronik.2021.6.1.606

Keywords:

DIALux, energi matahari, intensitas penerangan, LED, PJUTS

Abstract

Energi matahari merupakan salah satu sumber energi baru dan terbarukan (EBT) yang tidak akan habis. Salah satu pemanfaatan energi matahari yaitu sebagai sumber energi penerangan jalan umum tenaga surya (PJUTS). Penerangan jalan umum bertujuan untuk membantu masyarakat ketika akan melakukan perjalanan serta meningkatkan keamanan di jalan raya pada malam hari. Pada penelitian ini akan dibuat perencanaan penerangan jalan umum tenaga surya (PJUTS) yang berlokasi di Jl. Kolonel Masturi Cimahi dengan bantuan software DIALux untuk simulasi pencahayaan. Jl. Kolonel Masturi Cimahi sendiri merupakan jalan provinsi dengan lebar jalan 5 m dan panjang jalan 3950 m. Pada saat malam hari di beberapa titik jalan minim penerangan sehingga berpotensi meningkatkan terjadinya kecelakaan dan tindak kriminal. Selain itu di beberapa titik lainnya sudah terpasang lampu penerangan hanya saja masih menggunakan sumber dari PLN. Perencanaan penerangan jalan umum tenaga surya (PJUTS) memerlukan 158 titik penerangan dengan beban lampu LED 24 Watt. Dengan tinggi tiang 7 m dan jarak antar tiang 25 m menghasilan intensitas penerangan 6,72 lux untuk perhitunagan manual dan 7,09 lux dengan menggunakan software DIALux. Sedangkan menurut stsandar yang berlaku nilai intensitas penerangan sebesar 3-7 lux. Untuk modul surya yang digunakan memiliki kapasitas 75 Wp. PJUTS beroperasi 12 jam sehari dan mampu tetap beroperasi selama 3 hari tanpa adanya sumber energi matahari. Biaya investasi yang dibutuhkan sebesar Rp 1.224.500.000

References

Putri Sundari, dkk, "Proposal Instalasi Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (Pjuts) Jalan Tol Probolinggo Banyuwangi", Fakultas Teknik Mesin Dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung, 2017.

Quashning, Volker, "understanding Renewable Energy Systems", London: Sterling, VA, 2005.

Messengger, A Roger. Ventre, Jerry, Photovoltaic Systems Enggineering, Second Edition, CRC Press, 2003.

Aziz, Abdul, "Perencanaan Pembangkit Listrik Hibrida Plts - Generator Bbm Dengan Kapasitas 3000 Va ", Insitut Teknologi Nasional Bandung, 2016.

Anhar, w; dkk, "Perhitungan Lampu Penerangan Jalan Berbasis Solar System", Jurnal Sains Terapan, vol. vol 4 no.1, 2018.

Warsiyanto, E, "Prototipe Solar Dryer Portable Untuk Rumput Laut Dengan PLTS Berbasis Mikrokontroler".

Hadi, Wahyu Setyo ; dkk, "Perencanaan Sistem Penerangan Jalan Umum Photovoltaik Di Taman Wisata Matahari", Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Teknik Elektro Universitas Pakuan Bogor, Vols.

Vol 1, No 1, 2018.

Effendi, Asnal; M, Aldifian, "Perencanaan Penerangan Jalan Umum Jalan Lingkar Utara Kota Solok", Jurnal Teknik Elektro ITP, Vols. Vol 1, No 2, 2012.

Kusumayogo, Engga dkk, "Analisis Teknis Dan Ekonomis Penerapan Penerangan Jalan Umum Solar Cell Untuk Kebutuhan Penerangan Di Jalan Tol Darmo Surabaya," 2013.

Downloads

Published

2021-06-30