TANTANGAN DAN SOLUSI AKUNTAN BERPRAKTIK DALAM MENGHADAPI RI 4.0

Authors

  • Wawan Sukmana Universitas Perjuangan

DOI:

https://doi.org/10.32897/jsikap.v6i1.733

Keywords:

Akuntan Berpraktik, Revolusi Industri 4.0 (RI 4.0), Analytic Network Process

Abstract

Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tantangan yang dihadapi akuntan berpraktik, serta untuk mengetahui alternatif solusi yang ditawarkan dalam menghadapi RI4.0 ini. Penelitian ini menggunakan  metode Analytic Network Process. Respondennya terdiri atas pihak  yang mengetahui mengenai akuntan berpraktik dan Revolusi Industri 4.0. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat tantangan intern dan ekstern bagi akuntan berpraktik. Faktor karakter individu Akuntan yang tidak familiar dengan teknologi; kemampuan SDM dalam bidang teknologi, merupakan tantangan intern. Sedangkan tantangan eksternnya yakni, teknologi digital semakin canggih;  teknologi digital masuk dalam ranah akuntansi. Sedangkan alternatif solusi yang ditawarkan adalah sbb; Solusi intern;  pembinaan sdm secara berkelanjutan;  karakter individu akuntan menjadi familiar terhadap teknologi. Sedangkan solusi eksternnya adalah; mengikuti teknologi digital dan mengaplikannya;  meningkatkan  kompetensi dalam analisis big data; dan mengikuti kemajuan teknologi.

Author Biography

Wawan Sukmana, Universitas Perjuangan

Akuntansi 

Akuntan Berpraktik

References

Anonimous, 2018, Doomsday on Accounting , Majalah Akuntan,edisi April-Juni hal 14-15, ISSN 19787537, Jakarta, IAI Global.

Anonimous, 2018, Dinamika Profesi menghadapi Disrupsi, Majalah Akuntan,edisi April-Juni hal 18-19, ISSN 19787537, Jakarta, IAI Global.

Saaty, Thomas L and Vrgas Louis G, (2013), Decesion Making With The Analitic Network Process, second edition, Pittsburg-USA. Springer Science and busimes.

Schwab Klaus, 2016, The Fourth Industrial Revolution, Switzerland Word Economic Forum,.

Savitri Astrid, 2019, Revolusi Industri 4.0, Mengubah Tantangan menjadi Peluang di Era Disrupsi 4.0, Yogyakarta, Penerbit Genesis.

Tempo.co, 2017, Big Data Pemicu Revolusi Digital, https://bisnis.tempo.co/read/1034056/big-data-pemicu-revolusi-digital

Downloads

Additional Files

Published

2021-11-01

Issue

Section

Artikel