Pengaruh Efektivitas Komunikasi Konsultan Terhadap Kepuasan Klien

Authors

  • Ramdani Ramdani Universitas Sangga Buana
  • Widyapuri Prasastiningtyas Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/buanakomunikasi.2021.2.2.1133

Keywords:

Komunikasi, Efektivitas Komunikasi, Kepuasan Klien

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas komunikasi konsultan dan kepuasan klien, serta bagaimana pengaruh efektivitas komunikasi konsultan terhadap kepuasan klien pada Addict Design Studio Bandung. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah efektivitas komunikasi konsultan sebagai variabel independen, sedangkan kepuasan klien sebagai variabel dependen.  Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah klien Addict Design Studio. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu non probability sampling dengan teknik purposive sampling, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 orang. Sedangkan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda pada taraf signifikansi sebesar 5%. Program yang digunakan dalam menganalisis data, peneliti menggunakan Statistical Package for Social Sciences (SPSS) Ver  25. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial dan simultan menunjukkan bahwa efektivitas komunikasi konsultan berpengaruh terhadap kepuasan klien di Addict Design Studio. Sedangkan besarnya pengaruh efektivitas komunikasi konsultan dalam memberikan kontribusi pengaruh terhadap kepuasan klien adalah sebesar 72,4%.

Downloads

Published

2022-01-25

Issue

Section

Desember Vol 2 No 2