Pengaruh Komunikasi Interpersonal terhadap Kinerja Pegawai Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Rejang Lebong
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini mengevaluasi pengaruh komunikasi interpersonal terhadap kinerja pegawai di Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Rejang Lebong. Menggunakan metode kuantitatif dan data dari 43 responden, Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal memiliki pengaruh positif terhadap kinerja pegawai. Hasil tersebut menunjukkan bahwa peningkatan komunikasi interpersonal berkontribusi pada peningkatan kinerja pegawai di BPKD. Namun, perlu diperhatikan bahwa hasil ini perlu dipertimbangkan dalam konteks yang lebih luas dengan mempertimbangkan faktor-faktor lain yang mempengaruhi kinerja pegawai. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam memahami pentingnya komunikasi interpersonal dalam meningkatkan kinerja pegawai dalam suatu organisasi. Hasilnya diharapkan dapat digunakan untuk meningkatkan komunikasi interpersonal dan mencapai
tujuan organisasi secara efektif.
Article Details
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
References
Danang Sunyoto. (2013). Teori, Kuisioner dan Analisis Data Sumber Daya Manusia (Praktik Penelitian). Center for Academic PublishingService.
Devito, J. A. (2011) Komunikasi Antar Manusia. Edited by L. et. al. Saputra. Tangerang: Karisma Publishing Group.
Effendy, Onong Uchjana. 2011. Ilmu Komunikasi:Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Ghozali, Imam. 2011.Aplikasi Analisis Multivariatedengan Program IBM SPSS19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Handayani, L. and Suryani, N. (2019) ‘Pengaruh Kinerja Pegawai, Komunikasi Interpersonal dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kepuasan Masyarakat Melalui Kualitas Pelayanan’, Economics Education Analysis Journal, 8(2), pp. 743–757.
Lukmanati, Yulisar, B. and Minartiwi, Y. (2018) ‘Pengaruh Komunikasi Interpersonal terhadap Kinerja Pegawai Pada SMA Pomosda Tanjunganom Nganjuk’, Cyber-Techn, 3(1), pp. 65–75.
Febriarti, Puspita Nartika. (2015). ‘Pengaruh Disiplin Kerja, Kompetensi Pegawai dan FasilitasKantor terhadap Kualitas Pelayanan SubBagian Tata Pemerintahan pada PembuatanKartu Keluarga (KK) di Kantor Kecamatan Mirit Kabupaten Kebumen’. Economic Education Analysis Journal,4 (1) : 141-150
Ikhsani, Ary Fidayatul dan Muhsin. (2017). Pengaruh Komunikasi Non Formal, Disiplin Kerja, Kompetensi Pegawai dan Empati Pegawai Tata Usaha terhadap Pelayanan Siswa SMK Palebon Semarang. Economic Education Analysis Journal. 6 (1). Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Mukaromah, Siti. (2013). “Pengaruh Penataan Arsipdan Kompetensi Petugas Arsip terhadapKualitas Pelayanan pada Sub Bagian TataUsaha di Kantor Kementrian AgamaKabupaten Demak”. Economic Education Analysis Journal,6 (1) : 139-151