Komunikasi Pemasaran Bank Syariah dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah

Authors

  • Nova Susantie Universitas Sangga Buana
  • Adi Permana Sidik Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/buanakomunikasi.2022.3.2.1405

Keywords:

Bauran Pemasaran, Komunikasi Pemasaran Pelayanan Pick Up

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Untuk Mengetahui Mengapa PT Bank DKI Cabang Syariah Bandung membuat layanan Pick Up (2) Untuk Mengetahui Bagaimana Bauran Pemasaran “7P” pada Program Pick Up Nasabah PT Bank DKI Cabang Syariah Bandung (3) Untuk Mengetahui Bagaimana respon nasabah terhadap pelayanan Pick Up PT Bank DKI Cabang Syariah Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskripftif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu komunikasi pemasaran kegiatan pelayanan Pick Up PT Bank Dki Syariah Cabang Bandung menggunakan teori bauran pemasaran “7P” Produk (Product), Tempat (Place), Harga (Price), Promosi (Promotion), Bukti Fisik (Physical Evidence), Orang (People), Proses (Process), yaitu dengan pengaplikasian menggunakan komunikasi pemasaran secara langsung dan tidak langsung melalui pemberian brosur, media cetak serta media elektronik, dalam memasarkan produknya terdapat beberapa faktor pendukung yaitu: program layanan pick up dan memiliki produk yang berkualitas.

References

Brent D.Ruben, Lea P. Stewart (2014). Komunikasi dan Perilaku Manusia (Edisi Ke-5). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Creswell, John W. 2013. Research Design. Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Creswell, John W. 2015. Research Design. Penelitian Kualitatif & Desain Riset (Edisi Ke-3). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Cangara, Hafied. 2010. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta. Raja Grafindo Persada

Cangara, Hafied. 2016. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta. Raja Grafindo Persada

M. Chazienul Ulum (2018). Public Service (Tinjauan Teoretis dan Isu-Isu Strategis Pelayanan Publik). Malang: UB Press

Nurhayani, Deni Sunaryo (2019).Strategi Pemasaran Kontemporer. Jawa Timur: CV.Penerbit Qiara Media

Philip Kotler, Kevin Lane Keller (1967). Manajemen Pemasaran (Edisi Ke-13

Jilid 1). Jakarta: Erlangga

Prof.Dr.Alo Liliweri, M.S(2017).Komunikasi Antar Personal.Jakarta: Prenada Media

Sigiyono, Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R&d (Bandung: Alfabeta, 2013)

Terence A. Shimp (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi (Edisi 8). Jakarta: Salemba Empat

Tati Handayani & Muhammad Anwar Fathoni (2019). Buku Ajar Manajemen

Pemasaran Islam. Sleman: CV Budi Utama

Sumber Lain:

Amelia Maryska (2016). Startegi Pelayanan Pada Komunikasi Pemasaran Brand

Wingman Denim Dalam Menciptakan Kepuasan Pelanggan. Universitas Lampung.

Prof.Dr.Alo Liliweri, M.S (2017).Komunikasi Antar Personal.Prenada Media

Vaya Naufal Hanifa (2019). Komunikasi Pelayanan Tabungan Nasabah PT Bank

DKI Cabang Syariah Bandung. Universitas Langlang Buana Bandung.

www.ojk.go.id

www.bankdki.co.id

www.bankdkisyariah.co.id

www.statiskian.com/metodepenelitiankualitatif

Downloads

Additional Files

Published

2022-12-24

Issue

Section

Desember Vol 3 No 2