Komunikasi Pemasaran Bank Syariah dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Untuk Mengetahui Mengapa PT Bank DKI Cabang Syariah Bandung membuat layanan Pick Up (2) Untuk Mengetahui Bagaimana Bauran Pemasaran “7P” pada Program Pick Up Nasabah PT Bank DKI Cabang Syariah Bandung (3) Untuk Mengetahui Bagaimana respon nasabah terhadap pelayanan Pick Up PT Bank DKI Cabang Syariah Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskripftif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu komunikasi pemasaran kegiatan pelayanan Pick Up PT Bank Dki Syariah Cabang Bandung menggunakan teori bauran pemasaran “7P” Produk (Product), Tempat (Place), Harga (Price), Promosi (Promotion), Bukti Fisik (Physical Evidence), Orang (People), Proses (Process), yaitu dengan pengaplikasian menggunakan komunikasi pemasaran secara langsung dan tidak langsung melalui pemberian brosur, media cetak serta media elektronik, dalam memasarkan produknya terdapat beberapa faktor pendukung yaitu: program layanan pick up dan memiliki produk yang berkualitas.
Article Details
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
References
Brent D.Ruben, Lea P. Stewart (2014). Komunikasi dan Perilaku Manusia (Edisi Ke-5). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Creswell, John W. 2013. Research Design. Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Creswell, John W. 2015. Research Design. Penelitian Kualitatif & Desain Riset (Edisi Ke-3). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Cangara, Hafied. 2010. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta. Raja Grafindo Persada
Cangara, Hafied. 2016. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta. Raja Grafindo Persada
M. Chazienul Ulum (2018). Public Service (Tinjauan Teoretis dan Isu-Isu Strategis Pelayanan Publik). Malang: UB Press
Nurhayani, Deni Sunaryo (2019).Strategi Pemasaran Kontemporer. Jawa Timur: CV.Penerbit Qiara Media
Philip Kotler, Kevin Lane Keller (1967). Manajemen Pemasaran (Edisi Ke-13
Jilid 1). Jakarta: Erlangga
Prof.Dr.Alo Liliweri, M.S(2017).Komunikasi Antar Personal.Jakarta: Prenada Media
Sigiyono, Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R&d (Bandung: Alfabeta, 2013)
Terence A. Shimp (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi (Edisi 8). Jakarta: Salemba Empat
Tati Handayani & Muhammad Anwar Fathoni (2019). Buku Ajar Manajemen
Pemasaran Islam. Sleman: CV Budi Utama
Sumber Lain:
Amelia Maryska (2016). Startegi Pelayanan Pada Komunikasi Pemasaran Brand
Wingman Denim Dalam Menciptakan Kepuasan Pelanggan. Universitas Lampung.
Prof.Dr.Alo Liliweri, M.S (2017).Komunikasi Antar Personal.Prenada Media
Vaya Naufal Hanifa (2019). Komunikasi Pelayanan Tabungan Nasabah PT Bank
DKI Cabang Syariah Bandung. Universitas Langlang Buana Bandung.
www.ojk.go.id
www.bankdki.co.id
www.bankdkisyariah.co.id
www.statiskian.com/metodepenelitiankualitatif